3 Jenis Genset yang Cocok untuk Mengantisipasi Situasi Darurat di Rumah Anda

Posted on

Genset home standby, portable, dan inverter merupakan 3 jenis genset yang banyak digunakan untuk keperluan darurat (privat). Energi listrik yang dikeluarkan cukup untuk menghidupkan beberapa peralatan elektronik di rumah Anda. Jika Anda bingung dalam memilih generator atau genset untuk keperluan pribadi, bisnis (non-industri), atau keduanya, Anda bisa memulai menyortir pilihan Anda berdasarkan ke-3 jenis genset tersebut.

  1. Genset Home Stanby

Genset standby ini akan dipasang pada gedung atau rumah Anda. Pengoperasiannya tidak begitu sulit tetapi pemasangannya yang sulit. Dibutuhkan keahlian pertukangan untuk memasangnya. Ukuran genset standby cukup besar dan tidak bisa seenaknya dipindah tempatkan. Genset stanby akan menyala secara otomatis ketika rumah kehilangan power (listrik). Kapasitas genset stanbdy pun lebih besar dari genset lain (non-industri).

  1. Genset Portable

Sesuai dengan namanya, genset portable merupakan generator yang dapat dibawa-bawa sesuai dengan kebutuhan. Ukurannya cenderung lebih kecil dan desainnya diperuntukkan untuk keperluan mobile. Jika dibandingkan dengan jenis genset lain, genset portable dijual dengan harga yang lebih murah. Bahan bakar gas biasanya digunakan pada genset portable. Kapasitas power genset portable berada di bawah genset standby.

  1. Genset Inverter

Yang membedakan genset inverter dengan genset lainnya adalah kemampuannya bekerja tanpa mengeluarkan suara yang cukup nyaring. Selain terdapat beberapa kelebihan lain, diantaranya memiliki sistem pembuangan yang lebih baik dan ramah lingkungan, dan bekerja lebih efisien. Namun jika dibandingkan dengan genset stanby, kapasitas powernya masih kalah. Harga genset inverter rata-rata lebih mahal ketimbang genset portable.

Baik stanby, portable, dan inverter cocok untuk dijadikan sebagai sumber energi listrik darurat. Jika Anda membutuhkan sumber listrik yang sangat sedikit, Anda bisa menggunakan genset portable atau inverter. Pilih jumlah watt yang tidak terlalu besar. Perhatikan barang elektronik apa saja yang akan Anda pilih untuk tetap hidup ketika terjadi gangguan pada sumber listrik utama. Genset dengan jumlah 3 kW hingga 8 kW umumnya cukup.

Sementara jika Anda mencari untuk keperluan industri, Anda dapat mencari orang yang jual genset yanmar 5 kva atau genset lainnya. Yang pasti jumlah kapasitas wattnya harus melebihi standar energi untuk keperluan rumah tangga. Dianjurkan untuk membeli genset dengan jumlah yang pas atau efektif. Kelebihan dan kekurangan energi pada genset tidak direkomendasikan karena bukan hanya rugi uang tetapi memiliki risiko keamanan.

Teliti dan Cermat Sebelum Membeli Genset

Untuk mendapatkan hasil pembelian yang efektif, Anda harus cermat dalam membeli genset yang sesuai dengan keperluan.Sebelum membeli genset, dianjurkan untuk mempersiapkan 2 hal berikut.

  1. Memperhitungkan daya yang dibutuhkan

Lakukan perhitungan daya yang dibutuhkan apabila terjadi mati lampu. Jika bingung, Anda bisa meminta rekomendasi dari penjual mengenai daya yang dibutuhkan. Jika ragu, Anda bisa membeli genset portable yang harganya relatif mudah dan dapat digunakan untuk keperluan outdoor. Dengan begitu Anda akan mendapatkan dua keuntungan, keduanya adalah harga murah dan bisa dibawa atau dipinjamkan (bisa disewakan).

  1. Layanan Penjual

Cari tempat jual genset murah di surabaya atau di kota Anda yang memberikan pelayanan di luar pembelian. Tanyakan mengenai fasilitas pemasangan dan perawatan. Jangan lupa untuk mengecek garansi produk dan merek. Selain itu, periksa juga apakah spare part dari genset yang akan Anda beli banyak tersedia. Akan menjadi berisiko atau bahkan percuma jika Anda membeli genset tetapi spare part-nya langka atau bahkan tidak tersedia di Indonesia.