Luno House Terang dan Lapang

Posted on

“Nama Luno House diambil dari singkatan nama pemilik rumah, Lukman dan Nova,” kata Alex. Lukman dan Nova membutuhkan tambahan ruang. “Bagi kami, rumah adalah tempat ternyaman untuk quality time bersama orang tersayang. Setelah menempati selama lima tahun, ternyata kami masih membutuhkan area servis, ruang penyimpanan wardrobe, dan kamar tidur tamu, juga ruang keluarga yang lebih luas,” kata pasangan muda tersebut.

Beberapa ruangan yang direnovasi di lantai dasar, taman tengah yang berubah fungsi menjadi ruang keluarga, dan taman belakang yang menjadi perluasan ruang makan. “Ketika mengubah taman tengah, yang merupakan sumber udara dan cahaya ke rumah ini, saya tetap mempertimbangkan untuk memiliki bukaan yang besar dan memasukkan banyak udara terkesan terang dan lapang,” kata Alex.

Desain Rumah Minimalis Modern

Hasilnya, ada skylight di void ruang keluarga yang menerangi ruang keluarga dan sekitarnya. Taman belakang juga menunjang konsep terang dan lapang, sekaligus menjadi pemandangan yang indah kala bersantap di ruang makan, ruang favorit keluarga Lukman dan Nova. Di lantai atas, jembatan menjadi ruang wardrobe, kamar tidur, kamar mandi, dan area servis.

“Jembatan yang tadinya hanya penghubung antara rumah depan dan kamar belakang kini berubah menjadi ruang wardrobe,” kata Alex. Selain konsep dan bujet, kekuatan konstruksi juga menjadi pertimbangan saat mendesain renovasi rumah ini. “Jembatan di atas ruang keluarga, yang menjadi ruang wardrobe, ditopang oleh dua kolom.

Sebenarnya kolom tersebut hanya butuh 1 tiang saja tiap sisinya, namun karena kurang elok secara estetika, maka saya buat dua tiang sama besar di setiap sisinya diisi ambalan bertingkat di tengahnya, sehinga berfungsi sebagai rak pajang,” kata Alex. Estetika juga ditunjukkan melalui aplikasi kaca transparan pada lantai jembatan penghubung ruang keluarga dengan taman tengah.

“Kaca transparan difungsikan agar tidak mengurangi luasan kolam yang sudah ada sebelumnya, dan setiap orang yang lewat di jembatan mendapat pemandangan ikan-ikan di kolam,” kata Lukman. Mengenai nuansa warna, seluruh area yang direnovasi dibuat senada dengan nuansa warna rumah secara keseluruhan, abu-abu, coklat, dan putih. “Selain merupakan warna kesukaan Lukman dan Nova, putih juga terkesan bersih dan terang.

Pun mudah dipadu dengan ornamen atau dekorasi apapun,” kata Alex. Luas area yang direnovasi 70 meter persegi, sehinga keseluruhan luas rumah menjadi 205 meter persegi. Alex pun menceritakan beberapa hal yang dihadapi yang bisa menjadi faktor pertimbangan saat orang akan merenovasi rumah. “Faktor terbesar adalah kotor dan berisik ketika renovasi, sehinga mengharuskan pemilik rumah untuk pindah sementara.

Juga faktor area servis yang terlintas oleh para pekerja, yaitu ruang tamu yang beberapa lantainya pecah sehinga harus diperbaiki dan memakan biaya lagi. Faktor tak terduga lainnya, tanah yang amblas sehinga lantai harus di-cor, pekerjaan plumbing dan elektrikal yang harus ganti baru,” cerita Alex.

Rumah minimalis seperti di atas dibuat untuk memberikan kenyamanan penghuninya namun belum lengkap tanpa adanya genset. Karena genset sangat berguna sekali sebagai sumber daya listrik ketika listrik dari PLN sedang padam.

Genset Perkins menjadi solusi dari permasalahan ini, dengan mesin yang handal membuat genset ini awet dipakai bertahun tahun. Perawatan pun juga sangat mudah sekali karena ada buku panduannya jika anda membeli baru pada distributor resmi genset Perkins.

Harga genset Perkins beragam sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Namun jangan khawatir karena harganya cukup terjangkau. Kapasitas genset perkins dari 10 kva, 20 kva, 35 kva, 50 kva, 60 kva, 100 kva, 200 kva, 500 kva, hingga 2000 kva.

Sangat banyak pilihan bukan jadi tidak perlu bingung lagi ketika listrik padam karena kenyamanan adalah milik Anda.