Meliputi Apa Biaya Maklon Kosmetik?

Posted on

Untuk anda yang memiliki produk kosmetik, tentu ada kalanya dimana anda kesulitan untuk menentukan harga per itemnya. Dengan adanya hal itu anda perlu melakukan maklon untuk mengetahui hal itu, namun pastinya anda bingung apa saja hal yang akan dilakukan dengan biaya maklon kosmetik yang sudah anda keluarkan tersebut. Agar kebingungan anda segera terjawab, pastikan anda membaca artikel ini hingga tuntas.

Pengeluaran untuk maklon kosmetik.

Sebuah perusahaan maklon kosmetik biasanya memiliki harga yang bersaing dengan perusahaan lainnya, dimana harga tersebut menyesuaikan dengan layanan yang diberikan bersama dengan waktu produksi yang singkat. Kelebihan-kelebihan yang diberikan pastinya akan memberikan kemudahan kepada para pemilik brand kosmetik, sehingga biaya produksi bisa ditekan dan mampu menghasilkan harga yang murah.

Sebelum harga sebuah kosmetik di tetapkan, maka terlebih dahulu harus dilakukan perhitungan biaya maklon kosmetik yang dibutuhkan. Biaya yang dikeluarkan tersebut akan anda dapati beberapa hal berikut ini:

  1. Biaya pembuatan sampel per satuan produk

Sebenarnya anda bisa mendapatkan layanan secara gratis, apabila bahan-bahan kosmetik anda ada didalam lab tersebut. Munculnya sebuah harga per item biasanya karena bahan tidak ada di lab, sehingga lab perlu membelinya.

  1. Biaya pendaftaran produk kosmetik ke BPOM

Ini adalah hal wajib untuk seorang produsen kosmetik untuk mendaftarkan produknya di BPOM, untuk biaya BPOM ini berkisar antara 5-6 jutaan.

  1. Biaya pendaftaran merk

Dengan memiliki merk anda sendiri, tentu anda akan memiliki kekuatan ketika ada merk baru yang muncul dan mirip dengan merk produk anda. Karena anda sudah memiliki kekuatan hukum, sehingga anda bisa menuntut produk baru tersebut.

  1. Biaya pengurusan sertifikat produk (opsional)

Terkadang produk kosmetik juga memerlukan lisensi halal dari MUI, dimana mayoritas penduduk indonesia merupakan pemeluk agama islam. Dengan semakin meyakinkan bahwa anda memiliki sertifikat halal, maka para konsumen yang beragama islam tidak akan mempertanyakan lagi produk anda ini.

Itulah gambaran mengenai hal-hal yang anda peroleh dari melakukan layanan maklon, dengan mengetahui kisaran biaya diatas masyarakat bisa tahu kenapa sebuah produk bisa menjadi murah dipasaran.