Tips Merencanakan Lama Presentasi

Posted on

Ketika membawa dampak presentasi yang dibatasi waktu, pertanyaan umumnya adalah “berapa banyak slide PowerPoint yang saya perlukan yang selesai di dalam X menit?”
Jawabannya adalah … tergantung. Ada banyak variabel yang pilih jumlah slide yang diperlukan untuk mengisi slot sementara yang diperlukan.

Tidak semua slide dibikin serupa. Kamu bakal ingin membahas informasi terhadap beberapa yang lebih cermat sebab itu jauh lebih kompleks. Slide lainnya, seperti gambar, barangkali tidak membutuhkan diskusi terhadap bagianmu. Juga, tiap tiap pembicara berkata terhadap irama yang berbeda. Jadi, seseorang yang berbicra cepat barangkali bakal membutuhkan lebih banyak slide daripada seseorang yang berkata lebih lambat.

Variabel ini adalah mengapa mutlak untuk mengukur sementara presentasimu sebelum akan memberikannya.

Penting untuk mengukur sementara penyampaian presentasi bersama slide (sumber grafis)
Namun ingatlah, gugup bisa membuatmu berkata lebih cepat daripada biasanya. Jadi, coba untuk menjaga irama ke normal. Sebuah jeda singkat pada poin bisa membantumu tetap cocok irama.

Kesalahan presentasi yang paling umum adalah punyai terlalu banyak slide. Dengan punyai terlalu banyak slide menampilkan persoalan di dalam beberapa cara:
• Semakin sulit bagimu, sebagai pembicara untuk mengimbangi semua materi tersebut. Kamu bakal lebih cenderung perlu membaca presentasimu.
• Audiens tampaknya tidak bakal mengingat semua materi tersebut. Poin utama bakal cenderung hilang.
• Dalam presentasi yang lebih singkat, kamu bakal cenderung kehabisan waktu.

Walaupun saya tidak bisa memberi memahami tepatnya berapa banyak slide PowerPoint untuk presentasi lima menit, saya bisa sedia kan beberapa arahan menyeluruh yang bakal berhasil bagi umumnya pembicara. Gunakan arahan ini untuk memiliki rencana presentasimu, dan sesuaikan seperlunya.

Lihat Juga : Contoh Presentasi

Panduan Slide Untuk Berbagai Lama Presentasi
Bahkan para ahli tidak setuju mengenai berapa lama sementara yang mestinya kamu habiskan terhadap satu slide. Dan tidak semua slide di di dalam presentasi membutuhkan sementara yang sama untuk disajikan. Namun tersedia beberapa tahapan yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak memahami berapa banyak slide yang dibutuhkan.

Mulai bersama membagi presentasimu jadi dua jenis slide:

1. Sederhana. Sebuah slide sederhana terlalu membutuhkan sedikit penjelasan darimu. Contoh jenis slide ini adalah slide judul atau grafik yang menunjukkannya sendiri. Dengan pengecualian slide judul, umumnya para ahli setuju bahwa kamu hendaklah coba tidak cukup dari 30 detik terhadap sebuah slide tunggal.

2. Kompleks. Slide ini membutuhkan beberapa penjelasan darimu. Ini berapa slide yang bakal kamu manfaatkan untuk menyampaikan pesanmu, Kebanyakan ahli setuju bahwa kamu hendaklah menghabiskan pada satu dan tidak lebih dari tiga menit terhadap jenis slide ini. Ketika kamu mengukur sementara presentasimu kecuali kamu mendapatkan bahwa slide tersebut memakan sementara lebih dari tiga menit untuk dipresentasikan, bagi itu jadi dua slide.
Selama sesi latihan, perhatikan berapa lama sementara yang diperlukan untuk mempresentasikan tiap slide. Jika kamu udah mengimbuhkan banyak presentasi, kamu barangkali udah mengetahuinya. Jika kamu baru di dalam mengimbuhkan presentasi, kamu perlu melacak memahami ini kala kamu mengukur sementara presentasi sementara latihan.

Berikut bagaimana rincian arahan ini kala memiliki rencana presentasi bersama panjang yang berbeda:
• Presentasi 1 Menit. Berpeganglah terhadap satu gagasan utama. Buat itu tetap sederhana. Sebuah slide tunggal barangkali cukup, tetapi jangan manfaatkan lebih dari dua slide–satu berbentuk slide judul bersama nama perusahaan dan judul presentasi yang tidak bakal membutuhkan pembahasan. Jika bisa, tampilkan slide judul terhadap layar sebelum akan presentasimu dimulai. Biarkan itu sementara kamu memperkenalkan presentasimu (sekitar 15 detik). Slide ke dua membahas poin utama yang terlalu sederhana (rencanakan 45 detik untuk membahas itu). Kamu tidak boleh punyai sub-poin dan tanpa diskusi, sebab ini adalah pembicaraan singkat.
• Presentasi 3 Menit. Sekali lagi, berpeganglah terhadap satu atau dua gagasan utama yang sederhana. Kamu barangkali punyai beberapa sub-poin sederhana. Gunakan slide nama perusahaan untuk membuka presentasimu (15 detik). Jika topiknya kompleks, kamu barangkali menghabiskan hampir total tiga menit terhadap satu slide tunggal. Untuk topik sederhana yang membutuhkan tidak cukup detik satu menit per slide, kamu barangkali membutuhkan sampai enam slide.
• Presentasi 5 Menit. Untuk presentasi yang sedikit lebih lama ini kamu bisa membahas empat poin yang terlalu sederhana atau satu poin kompleks bersama beberapa sub-poin. Rencanakan sebuah slide judul (hingga 30 detik), dan kamu bisa memasukkan humor pembuka atau penarik perhatian lainnya. Dengan sebuah slide topik yang kompleks kamu barangkali bisa menghabiskan tiga menit untuk itu, yang bakal meninggalkan kira-kira satu 1/2 menit untuk dua sub-poin–sehingga empat slide di dalam skenario tersebut. Kamu barangkali membutuhkan sampai sepuluh slide kecuali topikmu terlalu sederhana.
• Presentasi 15 Menit. Dengan presentasi yang lebih panjang seperti ini, rencanakan jeda beberapa menit setelah kira-kira tujuh menit. Kamu bisa manfaatkan ini sebagai periode tanya jawab atau mengijinkan audiens melaksanakan peregangan. Mengikuti istirahat, kamu bakal membutuhkan penarik perhatian lainnya. Kamu terhitung bakal punyai sementara untuk mencantumkan penarik perhatian yang lebih kompleks seperti video dan animasi singkat. Kamu bisa membutuhkan pada lima dan dua puluh slide, terkait terhadap kompleksitas materimu.
• Presentasi 30 Menit atau Lebih Lama. Presentasi yang lebih lama memungkinkanmu untuk mempresentasikan lebih banyak materi yang lebih kompleks. Kamu terhitung tampaknya bakal mencantumkan lebih banyak slide. Ketika membawa dampak presentasi yang lebih lama, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan manusiawi audiens. Kamu bakal perlu melibatkan lebih banyak jeda. Juga, umumnya para ahli setuju bahwa kamu hendaklah memiliki rencana istirahat ke toilet paling tidak sekali di dalam satu jam. Setelah istirahat ke toilet, kamu bakal perlu menangkap ulang ulang perhatian audiens. Untuk tiap tiap presentasi yang lama kamu barangkali perlu memiliki rencana snack atau makan.

Catatan: Ingatlah bahwa ini merupakan arahan umum dan tersedia pengecualian untuk tiap aturan. Penentuan akhir mengenai seberapa lama sementara untuk dihabiskan terhadap tiap slide ditentukan bersama menghindar perhatian audiens dan berpegang terhadap sementara yang ditentukan.

Kamu tidak bakal memahami tentu seberapa dekat untuk ikuti arahan ini kecuali kamu mengukur sementara bicaramu. Setelah berlatih, kamu barangkali mendapatkan bahwa kamu perlu menyesuiakan arahan bersama mengimbuhkan atau mengurangi slide. Atau, kecuali kamu menghabiskan terlalu banyak sementara terhadap slide tunggal, kamu barangkali perlu mempersempit materimu.